ILMU SOSIAL DASAR DALAM PENDIDIKAN

KATA PENGANTAR

Segala puji syukur saya panjatkan kehadirot tuhan yang maha esa atas rahmat dan bimbingan-
Nya saya dapat menyusun makalah ini.

Makalah ini merupakan panduan bagi para mahasiswa, untuk belajar dan mempelajari lebih lanjut
tentang Ilmu sosial dasar dalam bidang pendidikan ini. Yang bertujuan dapat menumbuhkan
proses belajar mandiri, agar kreativitas dan penguasaan materi pelajaran optimal sesuai dengan yang di
harapkan.

Dengan adanya makalah ini di harapkan dapat membantu dalam mengetahui tentang bagaimana
bersosialisasi dengan baik.

Semoga makalah ini dapat bermanfaat dan senantiasa menjadi sahabat dalam belajar untuk meraih
prestasi yang gemilang. Kritik dan saran dari bapak/ ibu dan juga teman-teman tetap saya harapkan guna
perbaikan dan penyempurnaan untuk belajar ke depan.

LATAR BELAKANG

Manusia adalah sosok makhluk ciptaan tuhan yang hakikatnya diciptakan tidak bisa hidup
sendiri, manusia membutuhkan manusia yang lain untuk bisa hidup, bahkan untuk urusan yang sekecil
apapun, oleh karena itu manusia disebut juga sebagai makhluk sosial.
Seorang manusia perlu melakukan sosialisasi yang baik dan benar terhadap lingkungannya, agar
masyarakat dalam lingkungan tersebut dapat lebih mudah untuk menerima atas kehadirannya dengan baik.
Pendidikan merupakan tiang dari generasi penerus bangsa. Maka dari itu Setiap generasi penerus
bangsa harus di perkenalkan dengan ilmu social dasar, dan output dari perkenalan tersebut di harapkan
setiap generasi penerus dapat merasakan dampak positif dari ilmu sosialissasi bagi pendidikan tersebut.
Ilmu pendidikan termasuk sebagai salah satu ilmu sosial yang memiliki keterkaitan dengan ISD (
Ilmu Sosial Dasar). Oleh karena itu, dalam makalah ini akan membahas dan menguraikan tentang ilmu
sosial dasar dalam pendidikan.

ISI



Ilmu Sosial Dasar dalam Pendidikan

Filsafat dan tujuan pendidikan Filsafat pendidikan mengandung nilai-nilai atau
cita-cita masyarakat. Berdasarkan cita-cita tersebut terdapat landasan, mau dibawa
kemana pendidikan anak. Dengan kata lain, filsafat pendidikan merupakan pandangan
hidup masyarakat. Filsafat pendidikan menjadi landasan untuk merancang tujuan
pendidikan, prinsip-prinsip pembelajaran, serta pendidikan dan memiliki pengaruh
terhadap seluruh kegiatan pendidikan. Mengingat pentingnya kurikulum dalam
pendidikan dan kehidupan manusia, maka penyusunan kurikulum tidak dapat dilakukan
secara sembarangan.

Penyusunan kurikulum membutuhkan landasan-landasan yang kuat, yang
didasarkan pada hasil-hasil pemikiran dan penelitian yang mendalam. Penyusunan
kurikulum yang tidak didasarkan pada landasan yang kuat dapat berakibat fatal terhadap
kegagalan pendidikan itu sendiri. sosial budaya dan agama tidaklah terlepas dari
kehidupan kita. Keadaan sosial budayalah yang sangat berpengaruh pada diri manusia,
khususnya sebagai peserta didik. Sikap atau tingkah laku seseorang sebagian besar
dipengaruhi oleh interaksi sosial yang membuat sseeorang untuk bertingkah laku yang
sesuai dengan kondisi lingkungan dan masyarakat sekitar. Agama yang membatasi
tingkah laku kita juga sangat besar pengaruhnya dalam membuat suatu kurikulum.



Tujuan pokok ilmu social dasar dalam pendidikan

Tujuan umum diselenggarakannya pendidikan Ilmu Sosial Dasar ialah
pembentukan dan
pengembangan kepribadian serta perluasan wawasan perhatian,
pengetahuan, dan pemikiran mengenai berbagai gejala yang ada dan timbul dalam
lingkungannya, khususnya gejala berkenaan dengan masyarakat dengan orang lain, agar
daya tanggap, presepsi, dan penalaran berkenaan dengan lingkungan social dapat
dipertajam. Selain itu untuk memahami dan menyadari adanya kenyataan-kenyataan
social dan masalah social yang ada dalam masyarakat.



Fakta permasalahan social yang terdapat di masyarakat

Masalah sosial adalah suatu ketidak sesuaian antara unsur-unsur kebudayaan atau
masyarakat, yang membahayakan kehidupan kelompok sosial. Jika terjadi benterokan
antara unsur-unsur yang ada dapat menimbulkan gangguan hubungan sosial seperti
kegoyahan dalam kehidupan kelompok atau masyarakat.
Masalah sosial muncul akibat terjadinya perbedaan yang mencolok antara nilai
dalam masyarakat dengan realita yang ada. Yang dapat menjadi sumber masalah sosial
yaitu seperti proses sosial dan bencana alam. Adanya masalah sosial dalam masyarakat
ditetapkan oleh lembaga yang memiliki kewenangan khusus seperti tokoh masyarakat,
pemerintah, organisasi sosial, musyawarah masyarakat, dan lain sebagainya.

KESIMPULAN

Ilmu Sosial Dasar adalah pengetahuan yang menelaah masalah masalah sosial khususnya yang
diwujudkan oleh masyarakat Indonesia dengan menggunakan pengertian pengertian (fakta, konsep teori)
yang berasal dari berbagai bidang pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu ilmu sosial seperti: sejarah,
ekonomi, geografi sosial, sosiologi, antropologi, psikologi sosial.

Dunia pendidikan adalah dunia dimana penerus generasi bangsa berkembang dan mencari jati diri
dari dirinya sendiri, dalam hal ini sangan penting namun harus tetap pada kaidah dan prilaku social yang
normal di masyarakat, maka dari itu diperlukannya ilmu social dasar dalam masyarakat untuk menumbuh
kembangkan pengetahuan mengenai ilmu social dasar dalam masyarakat sehingga penerapan proses tepat
sasaran dalam kehidupan bersosialisasi.

Daftar Pustaka

http://dodimaulanaf.wordpress.com/2011/12/01/makalah-6-ilmu-sosial-dasar-dalam-sosiologi/

http://ebookbrowse.com/makalah-pengajaran-nilai-nilai-dalam-pendidikan-ilu-ilmu-sosial-pdf-d337750458

http://www.anakciremai.com/2009/02/makalah-ilmu-pendidikan-tentang-sistem.html

http://oeebudhi.blogspot.com/2011/11/1-pengertian-ilmu-sosial-dasar.html

This entry was posted in

Leave a Reply