Mengapa Memaki Bahasa Indonesia Sebagai Sarana Berkomunikasi?


Sebelum membahas mengenai mengapa harus memakai bahasa Indonesia sebagai alat sarana komunikasi, ada perlunya membahas tentang komunikasi dan bahasa itu sendiri.   
Salah satu element dalam kehidupan adalah komunikasi, apa itu komunikasi? Komunikasi adalah suatu proses Komunikasi sebagai suatu proses artinya bahwa komunikasi merupakan serangkaian tindakan atau peristiwa yang terjadi secara berurutan (ada tahapan atau sekuensi) serta berkaitan satu sama lainnya dalam kurun waktu tertentu.
Sedangkan untuk berkomunikasi manusia membutuhkan sebuah bahasa, apa itu bahasa? Bahasa dibentuk oleh kaidah aturan serta pola yang tidak boleh dilanggaragar tidak menyebabkan gangguan pada komunikasi yang terjadi. Kaidah,aturan dan pola-pola yang dibentuk mencakup tata bunyi, tata bentukdan tata kalimat. Agar komunikasi yang dilakukan berjalan lancar denganbaik, penerima dan pengirim bahasa harus harus menguasai bahasanya
Didalam kedudukannya sebagai bahasa Negara, bahasa Indonesia berfungsi sebagai alat pengembangan kebudayaan nasional, ilmu pengetahuan, dan teknologi. Didalam hubungan ini bahasa Indonesia adalah satu – satunya alat yang memungkinkan untuk membina dan mengembangkan kebudayaan nasional sedemikian rupa sehingga Indonesia memikili ciri – ciri dan identitasnya sendiri yang dapat membedakannya dari kebudayaan daerah atau negara lain. Pada waktu yang sama, bahasa Indonesia kita pergunakan sebagai alat untuk menyatakan nilai – nilai sosial budaya nasional kita. Disamping itu, sekarang ini fungsi bahasa Indonesia telah pula bertambah besar. Bahasa Indonesia berfungsi sebagai bahasa media massa. media massa cetak dan elektronik, baik visual, audio, maupun audio visual harus memakai bahasa Indonesia. Media massa menjadi tumpuan untuk dapat menyebarluaskan bahasa Indonesia secara baik dan benar.

Lalu pertanyaannya mengapa harus memakai bahasa Indonesia? Ada beberapa jawaban yang akan saya sampaikan, diantaranya:
1.       Kita berada di wilayah Negara Republik Indonesia, dimana bahasa Indonesia menjadi bahasa utama yang digunakan. Seperti di tulis pada Sumpah Pemuda “Kami poetra dan poetri Indonesia mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia”.
2.       Di Indonesia terdapat banyak bahasa daerah yang berbeda-beda, dari Sabang sampai Marauke. Bahasa Indonesia digunakan sebagai bahasa persatuan, bisa dibayangkan bagaimana bila orang yang tinggal di daerah Sumatra Barat bertemu dengan orang yang berasal dari Makasar dan mereka menggunakan bahasa daerahnya masing-masing.

Sumber:
https://vhi3y4.wordpress.com/2010/02/27/fungsi-bahasa-sebagai-alat-komunikasi/
https://id.wikipedia.org/wiki/Sumpah_Pemuda
http://fathiraditya.blogspot.co.id/2012/10/peranan-bahasa-indonesia-dalam.html
http://adheetrahman.blogspot.co.id/2014/10/peranan-bahasa-indonesia-dalam.html
https://www.scribd.com/doc/46744017/APA-ITU-BAHASA

This entry was posted in

Leave a Reply