DAMPAK FACEBOK TERHADAP PENDIDIKAN ANAK

BAB 1
PENDAHULUAN

1.1   Latar Belakang
        Tujuan saya membuat makalah ini antara lain: mengetahui dampak yabng telah ditimbulkan oleh Facebook terhadap para anak-anak pada zaman sekarang. Selain itu saya membuat makalah ini untuk menyelesaikan tugas yang diberikan untuk mata pelajaran Ilmu Sosial Dasar.
        Selama ini kita ketahui bahwa Facebook telah mendatangkan dampak positif dan juga dampak negatif. Selain itu merupakan hal yang cukup menarik untuk mengulas dampak yang telah ditimbulkan oleh Facebook terhadap anak-anak. Apakah akan menghasilkan dampak positif atau malah sebaliknya, dampak negatif? Hal itu akan saya bahas pada bab berikutnya dalam makalah ini.

1.2   Batasan Masalah
        Dalam makalah ini saya akan membatasi pembahsan saya berikut adalah batasan-batasan saya dalam menulis makalah ini:
·         Sejarah singkat Facebook.
·         Pengertian Facebook.
·         Dampak-dampak yang ditimbulkan Facebook terhadap anak.

1.3   Abstraksi
        Facebook adalah salah satu perkembangan dari teknologi kita, Facebook adalah media sosial yang dapat memudahkan kita dalam berkomunikasi dengan sesama. Selain itu mudahnya mengakses dan membuat akun di Facebook membuat banyak orang menjadi anggota Facebook, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Hal yang menarik untuk mengetahui apa dampak yang dapat ditimbulkan oleh Facebook terhadap anak-anak, karena di Facebook banyak hal yang dapat ditemukan anak-anak mulai dari yang baik hingga yang buruk.
        Dalam makalah ini saya akan menuliskan dampak-dampak yang dapat ditimbulkan Facebook dan bagaimana cara menanganinya.






BAB 2
ISI

2.1   Pengertian Facebook
                Facebook adalah sebuah web jejaring sosial yang didirikan oleh mark zuckerberg dan diluncurkan pada 4 Februari 2004 yang memungkinkan para pengguna dapat menambahkan profil dengan foto, kontak, ataupun informasi personil lainnya dan dapat bergabung dalam komunitas untuk melakukan koneksi dan berinteraksi dengan pengguna lainnya.
                Bagi yang sudah mempunyai account facebook, untuk mulai beraktifitas di facebook dan berinteraksi dengan pengguna lain kita musti masuk/login terlebih dahulu via halaman facebook login. Sedang bagi pengguna baru / belum pernah daftar sebelumnya, tentu diwajibkan untuk mendaftar dahulu supaya mendapatkan account facebook baru.

2.2   Sejarah Facebook
                Berawal ketika Mark Zuckerberg, seorang mahasiswa Harvard kelahiran 14 Mei 1984 dan mantan murid Ardsley High School membuat situs jejaring sosial facebook. Yang pada mulanya pengunaannya hanya diperuntukkan bagi mahasiswa dari Harvard College. Dalam dua bulan selanjutnya, keanggotaannya diperluas ke sekolah lain di wilayah Boston (Boston College, Universitas Boston, MIT, Tufts), Rochester, Stanford, NYU, Northwestern, dan semua sekolah yang termasuk dalam Ivy League. Banyak perguruan tinggi lain yang selanjutnya ditambahkan berturut-turut dalam kurun waktu satu tahun setelah peluncurannya. Akhirnya, orang-orang yang memiliki alamat surat-e suatu universitas (seperti: .edu, .ac, .uk, dll) dari seluruh dunia dapat juga bergabung dengan situs jejaring sosial ini.
Selanjutnya dikembangkan pula jaringan untuk sekolah-sekolah tingkat atas dan beberapa perusahaan besar. Sampai akhirnya, pada September 2006 Facebook mulai membuka pendaftaran bagi siapa saja yang memiliki alamat email. Pada waktu itu jumlah pengguna facebook terus bertambah. Sampai beberapa perusahaan besar seperti friendster, Viacom, bahkan Yahoo tertarik untuk membeli/mengakuisisi facebook. Tapi semua tawaran tersebut ditolak oleh Mark Zuckerberg sebagai pendiri Facebook meskipun harga yang ditawarkan terbilang fantastis. Friendster menawar 10 juta US dollar, Viacom 750 juta US dollar, dan yahoo 1 Milyar US dollar.
                Pada akhirnya, langkah yang diambil zuckerberg tersebut sangatlah tepat karena facebook terus berkembang dan pada 2007 terdapat penambahan 200 ribu account baru perharinya. Lebih dari 25 juta user aktif menggunakan Facebook setiap harinya. Sampai pada 2009, penghasilan facebook mencapai nominal 800 juta US dollar. Malahan di tahun 2010 ini ditaksir angka itu akan melambung mencapai lebih dari 1 Milyar US dollar, wow. Yang mana sumbernya ditaksir dari hasil periklanan. Untuk jumlah pengguna, sampai tahun 2010, menurut sumber terbaru yang saya baca sudah melebihi angka 500 juta user.




Dampak yang timbul
                Kita tahu bahwa setiap hal di dunai ini biasanya memiliki dampak positif dan juga dampak negatif. Begitu juga dengan Facebook, memiliki 2 dampak positif dan negatif. Berikut adalah dampak-dampak yang ditumbulkan oleh Facebook, baik positif atau negatif.

Dampak Positif
1.       Facebook dapat menambah wawasan siswa tentang berita atau kabar yang sedang banyak dibicarakan.
2.       Facebook membuat siswa lebih tanggap dan komunikatif pada sekitarnya, maksudnya siswa dapat bertukar pikiran dan belajar dari perkataan orang. Sehingga ia akan lebih tanggap terhadap perasaan temannya dan lebih mudah berbicara pada orang didekatnya.
3.       Selain mendapat teman baru, siswa juga dapat mencari sahabat di dunia maya dan mendapatkan pasangan yang diinginkan.
4.       Siswa dapat menuliskan permasalahan yang dihadapi, yang kemudian dibaca oleh teman-temannya, sehingga dapat memunculkan ide-ide cemerlang dan dapat mengembangkannya.
5.       Pikiran siswa akan lebih terbuka dengan mendapatkan teman yang berbeda-beda di facebook.
6.       Mempererat silaturahmi, siswa bisa menemukan kembali orang – orang yang pernah dia kenal di masa lalu.
7.       Sarana diskusi, di facebook siswa bisa bergabung dengan berbagai komunitas/grup.

Dampak Negatif
1.       Membuat siswa menjadi malas belajar, tidak mengerjakan tugas,  karena selalu ingin tahu status teman-temannya.
2.       Boros. Artinya, siswa dapat menghabiskan uangnya untuk online berjam – jam.
3.       Menjadi ketergantungan dengan facebook.
4.       Kualitas pertemuan face to face dengan sesama anggota keluarga semakin berkurang, sehingga menimbulkan perasaan terabaikan.
5.       Memicu terjadinya pergaulan bebas tanpa batas, karena namanya dunia maya, dunia tanpa batas, sehingga siswa bisa menjelma menjadi siapa saja dan berbuat apa saja, baik atau buruk.









BAB 3
KESIMPULAN DAN SARAN


3.1.    Kesimpulan dan Saran
              Facebook adalah media yang dapat digunakan untuk banyak hal, seperti mencari teman, berdiskusi, membuat komunikasi dengan menjadi mudah dan yang lainnya. Tapi kita juga harus ingat, media sosial tidak selamanya membawa hal yang baik kepada anak seperti anak menjadi kecanduan Facebook, mengenal hal-hal yang belum seharusnya dikenal seperti pornografi, bahkan bisa menimbulkan tindak kejahtan. Itu dapat terjadi apabila tidak diawasi oleh orang dewasa atau orang tua bila si anak menggunakan Facebook secara sembarangan. Selain pengawasan, si anak juga harus ditanamkan sifat disiplin, itu dibutuhkan agar anak dapat mengatur waktu dalam menggunakan Facebook. Selain itu anak juga diharapkan untuk menggunakan Facebook untuk tujuan baik, dan itu kembali kepada si anak sendiri dan tidak ada yang dapat mengaturnya.





























DAFTAR PUSTAKA

http://www.idafazz.com/pengertian-facebook.php
http://yohana10.wordpress.com/2010/02/25/dampak-facebook-bagi-siswa/

This entry was posted in

Leave a Reply