SISI NEGATIF DAN POSITIF HOME SCHOOLING


BAB 1
PENDAHULUAN

1.1   Latar Belakang
        Saya membuat makalah ini untuk memenuhi nilai saya dalam pelajaran Ilmu Sosial Dasar selain itu saya juga ingin belajar tentang Home schooling lebih dalam lagi melalui tugas ini. Selain itu juga merupakan hal menarik untuk mengetahui apakah Home schooling baik digunakan di Indonesia atau tidak. Seperti  yang kita tahu di Indonesia masih banyak yang beranggapan bila bersekolah di sekolah lebih baik dibanding bersekolah (belajar) di tempat lain.
       
1.2   Batasan Masalah
        Dalam makalah ini saya akan membatasi pembahsan saya berikut adalah batasan-batasan saya dalam menulis makalah ini:
·         Penjelasan tentang Home schooling
·         Dampak Positif dan negatif Home schooling
1.3   Abstraksi
        Pendidikan merupakan proses belajar yang berlangsung sepanjang hayat dan memiliki tujuan agar manusia dapat berkembang lebih utuh. Orang tua adalah orang utama yang bertanggung jawab terhadap pendidikan anak, namun orang tua juga memiliki keterbatasan sehingga tidak dapat memenuhi kewajibannya. Sekolah publik merupakan tempat untuk membantu orang tua memenuhi tanggung jawab tersebut. Beberapa penyebab mengindikasikan bahwa sebagian anak justru mengalami kegagalan untuk berkembang sesuai dengan potensi dan keunikannya di sekolah. Untuk itu pendidikan formal butuh keterlibatan pendidikan informal untuk meningkatkan dan menjawab kebutuhan dan menutupi keterbatasan tersebut. Salah satu keberadaan pendidikan informal yang mulai diakui dan dapat dijadikan alternatif adalah home schooling.
        Keputusan orang tua untuk mendidik anak di rumah harus disertai dengan pengetahuan dan pemahaman mendalam tentang home schooling. Klasifikasi home schooling di Indonesia terbagi atas home schooling tunggal, home schooling majemuk, dan komunitas home schooling. Orang tua atau peserta didik dapat memilih salah satu klasifikasi tersebut, disesuaikan dengan alasan dan kepentingannya masing-masing. Home schooling dapat dilakukan dengan beberapa pendekatan. Adapun pendekatan yang digunakan yaitu school at-home, unit studies, Charlotte Mason atau The Living Book Approach; Classical, Waldorf, Montessori, dan Eclectic; dan unschooling atau Natural Learning. Kurikulum yang digunakan terbagi dua yaitu kurikulum nasional yang dapat dimodifikasi oleh orang tua dan kurikulum luar yang disediakan per paket. Pemerintah menetapkan langkah-langkah pelaksanaan dan syarat-syarat yang harus dipenuhi para peserta home schooling. Kelemahan dan kekuatan home schooling juga harus benar-benar dipahami dan dipelajari oleh orang tua pada saat akan memutuskan untuk memilih home schooling bagi anak-anak mereka. Kunci keberhasilan home schooling terletak pada disiplin dan komitmen orang tua dalam melaksanakan pendidikan.
BAB 2
ISI

2.1   Pengertian Home Schooling
            Homeschooling atau homeschooling (juga disebut rumah pendidikan atau pembelajaran rumah) adalah pendidikan anak-anak di rumah, biasanya oleh orang tua tapi kadang-kadang oleh para pengajar, bukan di pengaturan formal lainnya sekolah publik atau swasta. Walaupun sebelum pengenalan hukum kehadiran di sekolah wajib, pendidikan anak usia paling terjadi dalam keluarga atau komunitas, Homeschooling dalam pengertian modern adalah sebuah alternatif di negara-negara maju untuk sekolah-sekolah swasta di luar rumah atau lembaga pendidikan yang dioperasikan oleh pemerintah sipil.
                Homeschooling juga dapat merujuk ke instruksi di rumah di bawah pengawasan sekolah korespondensi atau sekolah payung. Di beberapa tempat, kurikulum yang disetujui secara hukum diperlukan jika anak-anak harus home schooling. Sebuah filosofi kurikulum-bebas dari homeschooling dapat disebut unschooling, sebuah istilah yang diciptakan pada tahun 1977 oleh pendidik Amerika dan penulis John Holt di majalahnya Tumbuh Tanpa Sekolah.
                Dalam hal ijazah home schooling menggunakan kesetaraan, yaitu menggunakan Ujian Kesetaraan Paket A, Paket B dan Paket C.

  • Dampak Positif Home Schooling
1.       Bisa disesuaikan dengan kebutuhan si anak
2.       Lebih memberikan peluang untuk kemandirian dan kreativitas individual yang tidak didapatkan dalam model sekolah umum.
3.       Memaksimalkan potensi anak sejak usia dini, tanpa harus mengikuti standar waktu yang ditetapkan di sekolah.
4.       Lebih siap untuk terjun di dunia nyata (real world) karena proses pembelajarannya berdasarkan kegiatan sehari-hari yang ada di sekitarnya.
5.       Kesesuaian pertumbuhan nilai-nilai anak dengan keluarga. Relatif terlindung dari paparan nilai dan pergaulan yang menyimpang (tawuran, drug, konsumerisme, pornografi, mencontek, dsb).
6.       Biaya pendidikan dapat menyesuaikan dengan keadaan orang tua
7.       Bebas dari ancaman teman.
  • Dampak Negatif Home Schooling
1.       Butuh komitmen dan keterlibatan tinggi dari orang tua
2.       Sosialisasi seumur (peer-group socialization) relatif rendah. Anak relatif tidak terekspos dengan pergaulan yang heterogen secara sosial.
3.       Ada resiko kurangnya kemampuan bekerja dalam tim (team work), organisasi, dan kepemimpinan.
4.       Perlindungan orang tua dapat memberikan efek samping ketidakmampuan menyelesaikan situasi sosial dan masalah yang kompleks yang tidak terprediksi.










BAB 3
KESIMPULAN DAN SARAN


3.1.    Kesimpulan dan Saran
              Semua sistem pendidikan mempunyai kelemahan dan kelebihan, tergantung dari diri kita ingin menggunakan yang mana. Home schooling sendiri menggukan pendekatan secara individual sehingga sistem ini dapat memaksimalkan potensi anak tidak seperti di sekolahan pada umumnya. Dan 1 keuntungan lainnya adalah waktu yang flexsibel jadi si anak juga dapat menyesuaikannya dengan baik. Menurut saya sistem home schooling ini sangat cocok bagi anak yang super sibuk seperti anak yang menjadi selebritis. Kenapa? Karena  dengan sistem home schooling dapat menyesuaikan dengan jadwal mereka. Lalu bagaimana dengan anak biasa? ya itu juga bisa diterapkan tapi akan mendapat dampak negatif yaitu kurangnya kemampuan bekerja sama dengan orang-orang sekitar.

This entry was posted in

Leave a Reply