BAB 1
PENDAHULUAN
1.1
Latar
Belakang
Tujuan
saya membuat makalah ini antara lain: mengetahui dampak yabng telah ditimbulkan
oleh Facebook terhadap para anak-anak pada zaman sekarang. Selain itu saya
membuat makalah ini untuk menyelesaikan tugas yang diberikan untuk mata
pelajaran Ilmu Sosial Dasar.
Selama ini kita ketahui bahwa Facebook
telah mendatangkan dampak positif dan juga dampak negatif. Selain itu merupakan
hal yang cukup menarik untuk mengulas dampak yang telah ditimbulkan oleh
Facebook terhadap anak-anak. Apakah akan menghasilkan dampak positif atau malah
sebaliknya, dampak negatif? Hal itu akan saya bahas pada bab berikutnya dalam
makalah ini.
1.2
Batasan
Masalah
Dalam makalah ini saya akan membatasi
pembahsan saya berikut adalah batasan-batasan saya dalam menulis makalah ini:
·
Sejarah singkat Facebook.
·
Pengertian Facebook.
·
Dampak-dampak yang ditimbulkan Facebook terhadap
anak.
1.3
Abstraksi
Facebook adalah salah satu
perkembangan dari teknologi kita, Facebook adalah media sosial yang dapat
memudahkan kita dalam berkomunikasi dengan sesama. Selain itu mudahnya
mengakses dan membuat akun di Facebook membuat banyak orang menjadi anggota
Facebook, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Hal yang menarik untuk
mengetahui apa dampak yang dapat ditimbulkan oleh Facebook terhadap anak-anak,
karena di Facebook banyak hal yang dapat ditemukan anak-anak mulai dari yang
baik hingga yang buruk.
Dalam makalah
ini saya akan menuliskan dampak-dampak yang dapat ditimbulkan Facebook dan
bagaimana cara menanganinya.
BAB 2
ISI
2.1
Pengertian
Facebook
Facebook adalah sebuah web jejaring sosial yang
didirikan oleh mark zuckerberg dan diluncurkan pada 4 Februari 2004 yang
memungkinkan para pengguna dapat menambahkan profil dengan foto, kontak,
ataupun informasi personil lainnya dan dapat bergabung dalam komunitas untuk melakukan
koneksi dan berinteraksi dengan pengguna lainnya.
Bagi yang sudah
mempunyai account facebook, untuk mulai beraktifitas di facebook dan
berinteraksi dengan pengguna lain kita musti masuk/login terlebih dahulu via
halaman facebook login. Sedang bagi pengguna baru / belum pernah daftar
sebelumnya, tentu diwajibkan untuk mendaftar dahulu supaya mendapatkan account
facebook baru.
2.2 Sejarah Facebook
Berawal ketika Mark
Zuckerberg, seorang mahasiswa Harvard kelahiran 14 Mei 1984 dan mantan murid
Ardsley High School membuat situs jejaring sosial facebook. Yang pada mulanya
pengunaannya hanya diperuntukkan bagi mahasiswa dari Harvard College. Dalam dua
bulan selanjutnya, keanggotaannya diperluas ke sekolah lain di wilayah Boston
(Boston College, Universitas Boston, MIT, Tufts), Rochester, Stanford, NYU,
Northwestern, dan semua sekolah yang termasuk dalam Ivy League. Banyak
perguruan tinggi lain yang selanjutnya ditambahkan berturut-turut dalam kurun
waktu satu tahun setelah peluncurannya. Akhirnya, orang-orang yang memiliki
alamat surat-e suatu universitas (seperti: .edu, .ac, .uk, dll) dari seluruh
dunia dapat juga bergabung dengan situs jejaring sosial ini.
Selanjutnya dikembangkan pula jaringan untuk sekolah-sekolah
tingkat atas dan beberapa perusahaan besar. Sampai akhirnya, pada September
2006 Facebook mulai membuka pendaftaran bagi siapa saja yang memiliki alamat
email. Pada waktu itu jumlah pengguna facebook terus bertambah. Sampai beberapa
perusahaan besar seperti friendster, Viacom, bahkan Yahoo tertarik untuk
membeli/mengakuisisi facebook. Tapi semua tawaran tersebut ditolak oleh Mark
Zuckerberg sebagai pendiri Facebook meskipun harga yang ditawarkan terbilang
fantastis. Friendster menawar 10 juta US dollar, Viacom 750 juta US dollar, dan
yahoo 1 Milyar US dollar.
Pada
akhirnya, langkah yang diambil zuckerberg tersebut sangatlah tepat karena
facebook terus berkembang dan pada 2007 terdapat penambahan 200 ribu account
baru perharinya. Lebih dari 25 juta user aktif menggunakan Facebook setiap
harinya. Sampai pada 2009, penghasilan facebook mencapai nominal 800 juta US
dollar. Malahan di tahun 2010 ini ditaksir angka itu akan melambung mencapai
lebih dari 1 Milyar US dollar, wow. Yang mana sumbernya ditaksir dari hasil
periklanan. Untuk jumlah pengguna, sampai tahun 2010, menurut sumber terbaru
yang saya baca sudah melebihi angka 500 juta user.
Dampak yang timbul
Kita
tahu bahwa setiap hal di dunai ini biasanya memiliki dampak positif dan juga
dampak negatif. Begitu juga dengan Facebook, memiliki 2 dampak positif dan
negatif. Berikut adalah dampak-dampak yang ditumbulkan oleh Facebook, baik
positif atau negatif.
Dampak Positif
1. Facebook
dapat menambah wawasan siswa tentang berita atau kabar yang sedang banyak
dibicarakan.
2. Facebook
membuat siswa lebih tanggap dan komunikatif pada sekitarnya, maksudnya siswa
dapat bertukar pikiran dan belajar dari perkataan orang. Sehingga ia akan lebih
tanggap terhadap perasaan temannya dan lebih mudah berbicara pada orang
didekatnya.
3. Selain
mendapat teman baru, siswa juga dapat mencari sahabat di dunia maya dan
mendapatkan pasangan yang diinginkan.
4. Siswa
dapat menuliskan permasalahan yang dihadapi, yang kemudian dibaca oleh
teman-temannya, sehingga dapat memunculkan ide-ide cemerlang dan dapat
mengembangkannya.
5. Pikiran
siswa akan lebih terbuka dengan mendapatkan teman yang berbeda-beda di
facebook.
6. Mempererat
silaturahmi, siswa bisa menemukan kembali orang – orang yang pernah dia kenal
di masa lalu.
7. Sarana
diskusi, di facebook siswa bisa bergabung dengan berbagai komunitas/grup.
Dampak Negatif
1. Membuat
siswa menjadi malas belajar, tidak mengerjakan tugas, karena selalu ingin
tahu status teman-temannya.
2. Boros.
Artinya, siswa dapat menghabiskan uangnya untuk online berjam – jam.
3. Menjadi
ketergantungan dengan facebook.
4. Kualitas
pertemuan face to face dengan sesama anggota keluarga semakin berkurang,
sehingga menimbulkan perasaan terabaikan.
5. Memicu
terjadinya pergaulan bebas tanpa batas, karena namanya dunia maya, dunia tanpa
batas, sehingga siswa bisa menjelma menjadi siapa saja dan berbuat apa saja,
baik atau buruk.
BAB 3
KESIMPULAN DAN SARAN
3.1.
Kesimpulan
dan Saran
Facebook
adalah media yang dapat digunakan untuk banyak hal, seperti mencari teman,
berdiskusi, membuat komunikasi dengan menjadi mudah dan yang lainnya. Tapi kita
juga harus ingat, media sosial tidak selamanya membawa hal yang baik kepada
anak seperti anak menjadi kecanduan Facebook, mengenal hal-hal yang belum
seharusnya dikenal seperti pornografi, bahkan bisa menimbulkan tindak kejahtan.
Itu dapat terjadi apabila tidak diawasi oleh orang dewasa atau orang tua bila
si anak menggunakan Facebook secara sembarangan. Selain pengawasan, si anak
juga harus ditanamkan sifat disiplin, itu dibutuhkan agar anak dapat mengatur
waktu dalam menggunakan Facebook. Selain itu anak juga diharapkan untuk
menggunakan Facebook untuk tujuan baik, dan itu kembali kepada si anak sendiri
dan tidak ada yang dapat mengaturnya.
DAFTAR PUSTAKA
http://www.idafazz.com/pengertian-facebook.php
http://yohana10.wordpress.com/2010/02/25/dampak-facebook-bagi-siswa/